A. Kompetensi
Inti:
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 : Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Materi
Model Atom dan Sistim Periodik.
C. Kompetensi
Dasar (Silabus Kimia Kelas X)
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif dalam
merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan
sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif, dan proaktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
D. Indikator :
1.
Kognitif
Mengklasifikasikan
unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
2.
Afektif
Jujur
dalam mengerjakan tugas di LKS secara mandiri.
3.
Psikomotor
Berperilaku responsif, dan proaktif sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
E. Tujuan :
Setelah
mengamati lingkungan, membaca
artikel-artikel perkembangan dan aplikasi ilmu kimia siswa dapat memahami dan menyadari hakikat, pentingnya
peran ilmu kimia dalam kehidupan, metode ilmiah dan keselamatan kerja.
F.
Penilaian
hasil pembelajaran :
1.
Kognitif
No
|
Nama Unsur
|
Penjelasan
|
|||
isotop
|
isobar
|
isoton
|
|||
1
|
1H1 dan 1H2
|
||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
Diberikan
LKS yang berisi latihan mengelompokkan unsur-unsur
berdasarkan isotop,
isobar dan isoton dan menjelaskannya. Siswa dapat
dikatakan berhasil apabila mencapai SKL
70. Dikerjakan dengan memberikan tanda (√) pada kolom.
2.
Afektik
Soal :
1. Bagaimana cara menentukan
nomor atom dan nomor massa?
2. Bagaimana cara menentukan
jumlah elektron, proton, dan netron suatu atom unsur?
3. Bagaimana cara menentukan isotop, isobar dan isoton?
Diberikan latihan soal individu dan
dibuat rubrik untuk penilaian sikap.
No
|
Nama Siswa
|
Point karakter yang dinilai
|
|
Percaya diri
|
Kejujuran
|
||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
3.
Psikomotor
Diberikan tugas diskusi kelompok untuk
mendiskusikan tentang ikatan kovalen dan mempresentasikan hasilnya di depan
kelas.
Rubrik penilaian kinerja diskusi
kelompok.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian Individu
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
Penguasaan materi saat
menyampaikan di depan kelas.
|
||||
2
|
Ketepatan dalam
menjawab pertanyaan yang diberikan peserta diskusi.
|
||||
3
|
Keaktifan dalam
menyampaikan pendapat akan materi yang disampaikan.
|
||||
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian Kelompok
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
Keluasan dan ketepatan
materi yang disampaikan
|
||||
2
|
Keterampailan dalam menyampaikan
presentasi.
|
||||
3
|
Kekompakkan dan
keseriusan kelompok dalam menyampaikan materi.
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar