A. Identitas
Nama Sekolah :SMA
Negeri 8 Pontianak
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Sifat Periodik Unsur
Alokasi
Waktu :1 x 25 menit
B.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
danmengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkaitpenyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
KD dari KI 2:
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan
opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku
kerjasama, santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Indikator:
2.1.1 Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis
dengan turut serta secara aktif dalam memecahkan suatu masalah.
2.2.2 Menunjukkan sikap santun dan komunikatif
dalam mengemukakan pendapat.
KD dari KI 3:
3.4 Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram
orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat
periodik unsur.
Indikator:
3.4.1 Menganalisis
sifat energi ionisasi unsur berdasarkan
grafik hubungan antara energy ionisasi dengan nomor atom suatu unsur.
3.4.2 Menganalisis
sifat keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsur.
KD
dari KI 4 :
4.4
Menyajikan hasil analisis
hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur
dalam tabel periodik dan sifat-sifat peridik unsur..
Indikator
:
4.4.1
Mempresentasikan sifat energi ionisasi unsur berdasarkan grafik hubungan antara energi
ionisasi dengan nomor atom suatu unsur.
4.4.2
Mempresentasikan sifat keelektronegatifan unsur berdasarkan
nilai keelektronegatifan unsur.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
mampu menunjukkan sikap rasa ingin
tahu dan kritis melalui kegiatan diskusi dan tanya
jawab antara siswa dan guru.
2. Siswa mampu menunjukan sikap santun dan
komunikatif dalam mengemukakan pendapat melalui diskusi kelompok.
3. Siswa
mampu menganalisis sifat energi
ionisasi unsur berdasarkan grafik
hubungan antara energi ionisasi dengan nomor atom suatu unsur melalui diskusi dan tanya jawab antara siswa
dan guru.
4. Siswa
mampu menganalisis sifat
keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsur melalui
diskusi dan tanya jawab antara siswa dan guru.
5. Siswa
mampu mempresentasikan sifat energi
ionisasi unsur berdasarkan grafik
hubungan antara energi ionisasi dengan nomor atom suatu unsur melalui
presentasi.
6. Siswa
mampu mempresentasikan sifat
keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsure melalui
presentasi.
E.
Materi
Pembelajaran
Sifat – Sifat Periodik Unsur
1.
Energi Ionisasi
Energi
ionisasi (EI) adalah energy minimum yang diperlukan untuk melepas secara sempurna
satu electron valensi pada tingkat dasar dari atom dalam wuujud gas. Contoh
untuk melepaskan satu electron valensi Na diperlukan energy sebesar 498 kj/mol.
1 mol = 6,022 x 10-23 partikel.
1.
Dalam golongan yang sama, energi
ionisasi pertama berkurang dengan bertambahnya nomor atom.
2.
Dalam satu periode , energy
ionisasi pada umumnya cenderung semakin bertambah besar dengan bertambahnya nomor atom.
2.
Keelektronegatifan
Kelektronegatifan
/ elektronegatifitas (KE) adalah ukuran kemampuan relatif atau kecenderungan
suatu atom untuk menarik pasangan electron ikatan pada dirinya ketika
berikatan dengan atom lain.Untuk unsur –
unsur golongan utama dalam tabel periodik, makin keatas dan kekanan makin
tinggi keelektronegatifannya.
F. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi, presentasi, dan tanya
jawab
G.
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Sumber
: Buku teks Kimia SMA untuk kelas X
·
Media
: Kertas Karton, Kertas Berwarna, Buku Gambardan Tabel Periodik Unsur
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
A . Pendahuluan
·
Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi kelas.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa di kelas.
·
Siswa
diingatkan kembali pada materi sebelumnya yakni sifat periodik unsure
berdasarkan jari-jari atom dan afinitas electron.
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
5
|
B.Kegiatan Inti Guru
Mengamati (Observing)
·
Guru memberikan table beserta grafik unsur dalam kertas karton kepada tiap kelompok.
·
Siswa secara berkelompok
mengamati table dan grafik pada kertas karton.
Menanya (Questioning)
·
Guru memfasilitasi siswa untuk
mengajukan pertanyaan.
·
Guru mengajak siswa untuk aktif bertanya tentang materi yang
sedang dibahas.s
Mengumpulkan Data (Experimenting)
·
Siswa secara kelompok diminta menganalisis hubungan
antara table dan grafik untuk menentukan sifat energi ionisasi dan
keelektronegatifan unsur.
Mengasosiasi
(Associating)
·
Menyimpulkan
perbedaan energi ionisasi dan keelektronegatifan unsur berdasarkan berdasarkan table dan
grafik pada kertas karton.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Beberapa
siswa
diminta menyampaikan hasil diskusi mereka didepan kelas.
|
15
|
C.Penutup
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang sifat energi ionisasi dan
keelektronegatifan unsur.
·
Guru memberikan tugas baca bagi
siswa untuk ulangan harian
dipertemuan selanjutnya.
·
Guru
mengucapkan terima kasih dan salam kepada siswa untuk menutup pelajaran.
|
5
|
|
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
·
Lembar
Observasi Diskusi
·
Lembar
Penilaian Sikap
Mengetahui,
Pontianak,
Guru Pamong SMAN 8 Pontianak Mahasiswa
PPL Kimia
Yanti Chalimawati,S.Pd Sri
Murniati
NIP NIM.
F17112009
1.
Lembar Observasi Diskusi
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Ket
|
|||||||||||||||
Partisipasi
siswa dalam kelompok
|
Kerjasama
|
Menghargai
Pendapat
|
Kejujuran Hasil
Kerja
|
||||||||||||||
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Score
|
Kriteria
|
Partisipasi siswa dalam
kelompok
|
3
|
Siswa aktif menyumbangkan idenya dan mampu
memberikan solusi permasalahan yang dihadapi serta menyampaikannya secara
komunikatif
|
2
|
Siswa aktif menyumbangkan idenya dan mampu
memberikan solusi permasalahan yang dihadapi namun kurang komunikatif
|
|
1
|
Siswa menyumbangkan idenya namun tidak
memberikan solusi terlihat,dan kurang komunikatif
|
|
0
|
Siswa pasif, tidak menyumbangkan ide dan
tidak komukatif
|
|
Kerja sama
|
3
|
Siswa berinteraksi secara baik dengan seluruh
anggota kelompok dan mampu mengorganisasikan kelompoknya dalam hal tugas
kerja.
|
2
|
Siswa berinteraksi secara baik dengan seluruh
anggota kelompok
|
|
1
|
Siswa hanya berinteraksi hanya dengan
beberapa anggota saja
|
|
0
|
Siswa acuh dengan anggota kelompok lainnya
dan tidak ulet dalam berdiskusi
|
|
Menghargai Pendapat
|
3
|
Siswa menerima pendapat anggota lain dan
menyatukan pendapat-pendapat yang ada serta mendiskusikannya untuk mencapai
kesepakatan kelompok
|
2
|
Siswa menerima pendapat orang lain dan mampu
menerima kekurangan pendapat-pendapat yang ada
|
|
1
|
Siswa cenderung mempertahankan pendapatnya
sendiri
|
|
0
|
Siswa tidak menerima pendapat anggota lain
|
|
Kejujuran Hasil Kerja
|
3
|
Seluruh hasil kerja siswa merupakan hasil
kerja kelompok secara bersama-sama dan merupakan hasil ide-ide orisinal
anggota kelompok
|
2
|
Seluruh hasil kerja siswa merupakan hasil
kerja kelompok namun dalam pengerjaannya masih berdiskusi dengan kelompok
lain
|
|
1
|
Siswa bekerja dalam kelompok namun sebagian
hasil kerjanya masih menyalin dari hasil kerja kelompok lain
|
|
0
|
Hasil kerja kelompok sepenuhnya hanya
menyalin dari kelompok lain
|
Keterangan
:
3 = baik
2 =
cukup baik
1 =
kurang baik
0 =
tidak baik
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Menunjukkan
sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan aktif bertanya dan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
sikap santun dalam menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
Rubric Penilaian
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan
aktif bertanya dan menjawab pertanyaan
|
|
|
ü
|
3 : Siswa
selalu menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan aktif bertanya dan
menjawab pertanyaan
2 : Siswa
kurang menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan kurang aktif
bertanya dan menjawab pertanyaan
1 : Siswa
tidak pernah menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan tidak pernah
bertanya dan menjawab pertanyaan
|
2.
|
Menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat
|
|
|
ü
|
3 : Siswa
selalu menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat
2 : Siswa
kurang menunjukkansikap santun dalam menyampaikan pendapat
1 : Siswa
tidak pernah menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat
|
TOTAL SKOR
|
6
|
Keterangan :
A : 81 – 100
B : 71 – 80
C : 61 – 70
D : 51 – 60
E : < 50
Tidak ada komentar:
Posting Komentar