Laman

Senin, 06 Juli 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Sifat Periodik Unsur)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.    Identitas
Nama Sekolah                 :SMA Negeri 8 Pontianak                        
Mata Pelajaran                 : Kimia               
Kelas/Semester                : X/ Ganjil   
Materi Pokok                   : Sifat Periodik Unsur
Alokasi Waktu                 :1 x 25 menit

B.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati danmengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator
KD dari KI 2:
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Indikator:
2.1.1    Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan turut serta secara aktif dalam memecahkan suatu masalah.
2.2.2    Menunjukkan sikap santun dan komunikatif dalam mengemukakan pendapat.
KD dari KI 3:
3.4       Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
Indikator:
3.4.1    Menganalisis sifat energi ionisasi unsur  berdasarkan grafik hubungan antara energy ionisasi dengan nomor atom suatu unsur.
3.4.2    Menganalisis sifat keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsur.
KD dari KI 4 :
4.4              Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat peridik unsur..
Indikator :
4.4.1        Mempresentasikan sifat energi ionisasi unsur  berdasarkan grafik hubungan antara energi ionisasi dengan nomor atom suatu unsur.
4.4.2        Mempresentasikan sifat keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsur.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab antara siswa dan guru.
2.      Siswa mampu menunjukan sikap santun dan komunikatif dalam mengemukakan pendapat melalui diskusi kelompok.
3.      Siswa mampu menganalisis sifat energi ionisasi unsur  berdasarkan grafik hubungan antara energi ionisasi dengan nomor atom suatu unsur  melalui diskusi dan tanya jawab antara siswa dan guru.
4.      Siswa mampu menganalisis sifat keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsur melalui diskusi dan tanya jawab antara siswa dan guru.
5.      Siswa mampu mempresentasikan sifat energi ionisasi unsur  berdasarkan grafik hubungan antara energi ionisasi dengan nomor atom suatu unsur melalui presentasi.
6.      Siswa mampu mempresentasikan sifat keelektronegatifan unsur berdasarkan nilai keelektronegatifan unsure melalui presentasi.

E.     Materi Pembelajaran
Sifat – Sifat Periodik Unsur
1.            Energi Ionisasi
Energi ionisasi (EI) adalah energy minimum yang diperlukan untuk melepas secara sempurna satu electron valensi pada tingkat dasar dari atom dalam wuujud gas. Contoh untuk melepaskan satu electron valensi Na diperlukan energy sebesar 498 kj/mol. 1 mol = 6,022 x 10-23 partikel.
1.      Dalam golongan yang sama, energi ionisasi pertama berkurang dengan bertambahnya nomor atom.
2.      Dalam satu periode , energy ionisasi pada umumnya cenderung semakin bertambah  besar dengan bertambahnya nomor atom.

2.            Keelektronegatifan
Kelektronegatifan / elektronegatifitas (KE) adalah ukuran kemampuan relatif atau kecenderungan suatu atom untuk menarik pasangan electron ikatan pada dirinya ketika berikatan  dengan atom lain.Untuk unsur – unsur golongan utama dalam tabel periodik, makin keatas dan kekanan makin tinggi keelektronegatifannya.

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Metode            : Diskusi, presentasi, dan tanya jawab

G.    Sumber dan Media Pembelajaran
·         Sumber : Buku teks Kimia SMA untuk kelas X
·         Media : Kertas Karton, Kertas Berwarna, Buku Gambardan Tabel Periodik Unsur



H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
A .  Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·         Guru mengecek kehadiran siswa di kelas.
·         Siswa diingatkan kembali pada materi sebelumnya yakni sifat periodik unsure berdasarkan jari-jari atom dan afinitas electron.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5
B.Kegiatan Inti Guru
Mengamati (Observing)
·         Guru memberikan table beserta grafik unsur dalam kertas karton kepada tiap kelompok.
·         Siswa secara berkelompok mengamati table dan grafik pada kertas karton.
Menanya  (Questioning)
·         Guru memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan.
·         Guru mengajak siswa untuk aktif bertanya tentang materi yang sedang dibahas.s
Mengumpulkan Data (Experimenting)
·         Siswa secara kelompok diminta menganalisis hubungan antara table dan grafik untuk menentukan sifat energi ionisasi dan keelektronegatifan unsur.
Mengasosiasi   (Associating)
·         Menyimpulkan perbedaan energi ionisasi dan keelektronegatifan unsur berdasarkan berdasarkan table dan grafik pada kertas karton.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusi mereka didepan kelas.

15
C.Penutup
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang sifat energi ionisasi dan keelektronegatifan unsur.
·         Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk ulangan harian dipertemuan selanjutnya.
·         Guru mengucapkan terima kasih dan salam kepada siswa untuk menutup pelajaran.
5




I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
·         Lembar Observasi Diskusi
·         Lembar Penilaian Sikap



Mengetahui,                                                                                        Pontianak,
Guru Pamong  SMAN 8 Pontianak                                                    Mahasiswa PPL  Kimia




Yanti Chalimawati,S.Pd                                                                     Sri Murniati
NIP                                                                                                     NIM. F17112009















1.      Lembar Observasi Diskusi

Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Ket
Partisipasi siswa dalam kelompok
Kerjasama
Menghargai Pendapat
Kejujuran Hasil Kerja

0
1
2
3
0
1
2
3
0
1
2
3
0
1
2
3






































Rubrik penilaian
Aspek Yang Dinilai
Score
Kriteria
Partisipasi siswa dalam kelompok
3
Siswa aktif menyumbangkan idenya dan mampu memberikan solusi permasalahan yang dihadapi serta menyampaikannya secara komunikatif
2
Siswa aktif menyumbangkan idenya dan mampu memberikan solusi permasalahan yang dihadapi namun kurang komunikatif
1
Siswa menyumbangkan idenya namun tidak memberikan solusi terlihat,dan kurang komunikatif
0
Siswa pasif, tidak menyumbangkan ide dan tidak komukatif
Kerja sama
3
Siswa berinteraksi secara baik dengan seluruh anggota kelompok dan mampu mengorganisasikan kelompoknya dalam hal tugas kerja.
2
Siswa berinteraksi secara baik dengan seluruh anggota kelompok
1
Siswa hanya berinteraksi hanya dengan beberapa anggota saja
0
Siswa acuh dengan anggota kelompok lainnya dan tidak ulet dalam berdiskusi
Menghargai Pendapat
3
Siswa menerima pendapat anggota lain dan menyatukan pendapat-pendapat yang ada serta mendiskusikannya untuk mencapai kesepakatan kelompok
2
Siswa menerima pendapat orang lain dan mampu menerima kekurangan pendapat-pendapat yang ada
1
Siswa cenderung mempertahankan pendapatnya sendiri
0
Siswa tidak menerima pendapat anggota lain
Kejujuran Hasil Kerja
3
Seluruh hasil kerja siswa merupakan hasil kerja kelompok secara bersama-sama dan merupakan hasil ide-ide orisinal anggota kelompok
2
Seluruh hasil kerja siswa merupakan hasil kerja kelompok namun dalam pengerjaannya masih berdiskusi dengan kelompok lain
1
Siswa bekerja dalam kelompok namun sebagian hasil kerjanya masih menyalin dari hasil kerja kelompok lain
0
Hasil kerja kelompok sepenuhnya hanya menyalin dari kelompok lain

Keterangan :
3 =  baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
0 = tidak baik














LEMBAR PENILAIAN SIKAP

No
Aspek yang Dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
1.
Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan




2.
Menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat




TOTAL SKOR



Rubric Penilaian
LEMBAR PENILAIAN SIKAP

No
Aspek yang Dinilai
Skor
Keterangan
1
2
3
1.
Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan


ü
3 : Siswa selalu menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan
2 : Siswa kurang menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan
1 : Siswa tidak pernah menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan kritis dengan tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan
2.
Menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat


ü
3 : Siswa selalu menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat
2 : Siswa kurang menunjukkansikap santun dalam menyampaikan pendapat
1 : Siswa tidak pernah menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat
TOTAL SKOR
6

Keterangan :
A         : 81 – 100
B         : 71 – 80
C         : 61 – 70
D         : 51 – 60
E          : < 50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar