RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN KIMIA
MATA KULIAH : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
DOSEN PENGAMPUH : DRS. M. NASRUN, S.Pd, M.Pd
DISUSUN OLEH :
SRI MURNIATI
F17112009
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN
MIPA
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TANJUNGPURA
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA NEGERI 1 PONTIANAK
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester :
X / 1
A. Standar
Kompetensi :
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia.
B. Kompetensi
dasar : Memahami struktur atom berdasarkan teori atom
Bohr,
sifat-sifat
unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman
konfigurasi elektron.
C. Indikator :
1.
Menjelaskan
perkembangan teori atom.
2.
Menyebutkan
kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
3.
Menentukan
partikel dasar (proton, elektron dan netron).
4.
Mengklasifikasikan
unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
5.
Menentukan
konfigurasi elektron dan elektron valensi.
6.
Menentukan
massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotop di alam.
7.
Menjelaskan
dasar pengelompokkan unsur-unsur.
8.
Membandingkan
perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangannya.
9.
Menentukan
hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik.
10. Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam
dan metaloid.
11. Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan
keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan
keelektronegatifan.
12. Menjelaskan
perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing
teori atom berdasarkan data percobaan.
D.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Menyatakan
pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom Dalton).
2.
Menyatakan
dasar teori dari teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan
mekanika kuantum.
3.
Menyatakan
ide pokok dalam teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika
kuantum.
4.
Menyatakan
kelemahan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
5.
Menyebutkan
partikel dasar dan sifat-sifatnya.
6.
Mengklasifikasikan
atom ke dalam isotop, isobar dan isoton.
7.
Menentukan
massa atom relatif berdasarkan tabel periodik unsur.
8.
Menentukan
massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya.
9.
Menentukan
massa molekul relatif berdasarkan data massa atom relatif.
10. Menentukan konfigurasi elektron unsur berdasarkan
nomor atomnya.
11. Menentukan elektron valensi.
E.
Materi Pokok
1.
Pengenalan
ilmu kimia.
2.
Atom sebagai
partikel dasar materi (Teori atom Dalton).
3.
Perkembangan
Teori Atom.
4.
Komposisi
atom dan Ion (Nomor atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar dan Isoton).
5.
Massa atom
relatif.
6.
Massa molekul
relatif.
7.
Konfigurasi
elektron dan elektron valensi.
8.
Perkembangan
tabel periodik unsur.
9.
Sifat fisik
dan sifat kimia unsur.
10. Sifat keperiodikan unsur.
F.
Metode :
Model Pembelajaran : Kooperatif dan Mandiri.
Metode :
Diskusi Informasi dan Ceramah.
Pendekatan : Pendekatan Konsep.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a.
Pertemuan
Pertama: (3x45menit)
1.
Kegiatan
awal (10 menit)
o
Guru
memberikan salam pembuka pada saat dikelas.
o
Guru memperkenalankan
diri kepada siswa.
o
Apersepsi:
Diskusi singkat antara guru dan siswa tentang
partikel materi.
Apakah yang dimaksud
dengan partikel materi?
Apakah partikel dari
(a)
besi?
(b)
air?
o
Motivasi
Dengan
memahami partikel materi kita akan dapat memahami perbedaan antara materi yang satu dari yang lainnya.
2.
Kegiatan Inti( 100 menit)
a. Eksplorasi
o
Guru mempengenalan kepada siswa apa yang
dimaksud dengan Kimia.
o
Guru mengkaji perkembangan teori atom
mulai dari John Dalton sampai Niels Bohr.
o
Guru mengorganisasikan siswa kedalam
kelompok belajar (5 orang dalam satu kelompok).
o
Guru membagikan materi yang akan dibahas
dan dipresentasikan siswa.
b. Elaborasi
o
Siswa mendiskusikan materi yang
diberikan guru.
o
Guru membimbing diskusi siswa.
o
Guru memfasilitasi diskusi siswa.
o
Tiap kelompok diskusi mempresentasikan
hasil diskusi.
o
Guru membimbing dan memfasilitasi
presentasi siswa.
o
Guru menanggapi hasil presentasi dan
mengklarifikasi informasi yang masih kurang benar.
c.
Konfirmasi
o
Guru memberikan skor kemajuan individu.
o
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang tampil presentasi terbaik.
o
Guru memberikan penguatan materi.
3.
Kegiatan
Penutup ( 25 menit)
o Guru menyimpulkan pokok kajian dalam ilmu kimia.
o Guru menyimpulkan manfaat belajar Kimia.
o Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi.
o Guru memberikan kuis kepada siswa.
o Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
o Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
b. Pertemuan kedua: (3x45menit)
1.
Kegiatan
awal (10menit)
o
Guru
memberikan salam pembuka pada siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
2. Kegiatan
Inti (100menit)
a. Eksplorasi
o
Guru mengkaji literatur kepada siswa
tentang perkembangan tabel periodik
unsur dalam kerja kelompok.
o
Guru mengorganisasikan siswa kedalam
kelompok belajar (5 orang dalam satu kelompok).
o
Guru membagikan materi pengelompokan
unsur-unsur.yang akan dibahas dan dipresentasikan siswa.
b. Elaborasi
o
Siswa mendiskusikan materi yang
diberikan guru.
o
Guru membimbing diskusi siswa.
o
Guru memfasilitasi diskusi siswa.
o
Tiap kelompok diskusi mempresentasikan
hasil diskusi.
o
Guru membimbing dan memfasilitasi
presentasi siswa.
o
Guru menanggapi hasil presentasi dan
mengklarifikasi informasi yang masih kurang
benar.
o
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
yang ingin bertanya atau menjawab pertanyaan.
c.
Konfirmasi
o
Guru memberikan skor kemajuan individu.
o
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang tampil presentasi terbaik.
o
Guru memberikan penguatan materi
pengelompokan unsur-unsur.
3.
Kegiatan Penutup ( 25 menit)
o Guru menyimpulkan inti pembahasan/diskusi.
o Guru menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur
o Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
o Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
c.
Pertemuan Ketiga: (3x45 menit)
1.
Kegiatan
awal (10 menit)
o
Guru memberikan
salam pembuka pada siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
2. Kegiatan Inti (35 menit)
a.
Eksplorasi
o
Guru menjelaskan
dasar pengelompokkan unsur-unsur.
o
Siswa dapat membandingkan
perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangannya.
o
Guru
menjelaskan tentang menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur
dalam tabel periodik
o
Guru mengklasifikasikan
unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
o
Siswa dapat menganalisis tabel, grafik untuk
menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan
keelektronegatifan
b. Elaborasi
o
Siswa
mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan
metaloid.
o
Guru mengkajitentang keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan
berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.
o
Guru menjelaskan tentang hubungan keteraturan
sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan
keelektronegatifan.
c. Konfirmasi
o
Guru memberikan sedikit pertanyaan untuk
siswa yang kurang aktif dikelas.
o
Guru memberikan penguatan materi.
3. Kegiatan Akhir (25 menit)
o Guru dan siswa bersama-sama merangkum materi
pembelajaran yang telah dipelajari.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan harian pada
pertemuan berikutnya
o Meminta siswa untuk berlatih soal-soal tambahan
dari buku paket
o Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
H. Sumber, Media
1.Sumber
: Purba,
Michael. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X.
Erlangga. Jakarta.
Sutresna, Nana. 2004. Kimia Untuk SMA Kelas X. Grafindo. Bandung.
Rasyid, Ramlah. dkk. 2004. Reaktor Kimia (Rancangan Aplikasi dan Teori
Kimia). Sinergi Pustaka Indonesia. Bandung.
2. Media dan Alat
: tabel periodik,kartu unsur,CD ,LCD dan proyektor.
I. Penilaian:
1.Penilaian Diskusi Kelompok
2. Kuis
3. Tugas
Penilaian
Diskusi Kelompok
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a) Mengajukan
pertanyaan (skor 10)
b) Menjawab
atau menanggapi pertanyaan (skor10)
c) Mendengarkan
pendapat orang lain (skor 5)
d) Presentasi
Individu (skor 60)
Soal
Kuis
1.
Atom
merupakan bola bermuatan positif dan disekelilingnya beredar elektron bermuatan
negatif. Teori atom ini dikemukakan oleh......
A.
Dalton
B.
Thomson
C.
Niels Bohr
D.
Rutherford
E.
Erwin Schrodinger
2. Perhatikanlah tabel berikut ini!
No
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
1
|
Atom terdiri dari inti yang
bermuatan positif serta elektron yang beredar mengitari.
|
Atom sesuatu yang tak terbagi
|
2
|
Atom bagian terkecil dari suatu
unsur.
|
Semakin lama energi semakin habis
dan suatu saat elektron jatuh pada inti.
|
3
|
Di dalam atom terdapat mateti
bermuatan positif dan tersebar merata electron
|
Tidak menjelaskan adanya inti atom
|
4
|
Elektron beredar mengitari inti
pada lintasan-lintasan tertentu
|
Atom-atom mempunyai sifat-sifat
yang sama
|
5
|
Elektron berada dalam orbital
yaitu daerah dengan peluang terbesar menemukan elektron
|
Hanya sesuai untuk atom hidrogen
dan ion dengan satu elektron
|
Berdasarkan pernyataan diatas, manakah pasangan
yang menjelaskan kelemahan dan kelebihan teori atom menurut teori JJ.Thomson..
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
3. Diantara
pernyataan berikut yang kurang tepat adalah…….
A.
Atom adalah unit
pembangunan materi
B.
Atom terdiri dari
partikel subatom.
C.
Unsur terdiri dari
sejenis atom.
D.
Atom tidak dapat
terbagi lagi.
E.
Senyawa terdiri
dari dua .
4. Elektron ditemukan oleh…..
A.
J. Chadwick
B.
J.J Thomson
C.
R.A. Milikan
D.
E. Rutherford
E. Henri Becquerel
5. Percobaan sinar katode oleh Thomson
menunjukan bahwa sinar tersebut adalah….
A.
Sinar Elektron
B.
Sinar Gamma
C.
Sinar Neutron
D.
Sinar Proton
E. Sinar Alfa
Kunci
Jawaban Kuis:
1. D. Rutherford
2. C. 3
3. D. Atom
tidak dapat terbagi lagi.
4. B. J.J Thomson
5. A. Sinar Elektron
Skor Kuis :
Nilai = Jumlah
Jawaban yang benar x 100
5
Pontianak, 1 November 2013
Kepala SMA Negeri 1 Pontianak
Drs. H. Nurali, M.MPd
NIP.195606061887031011
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar