Laman

Rabu, 09 Juli 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013

A.  Kompetensi Inti:
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Materi
Model Atom dan Sistim Periodik.

C.  Kompetensi Dasar (Silabus Kimia Kelas X)

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif  dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2  Menunjukkan perilaku kerjasama, santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
 2.3 Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan  masalah dan membuat keputusan.

D.  Indikator :
1.    Kognitif
     Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.

2.    Afektif
     Jujur dalam mengerjakan tugas di LKS secara mandiri.

3.    Psikomotor
 Berperilaku responsif,  dan proaktif  sebagai   wujud kemampuan memecahkan  masalah dan membuat keputusan.

E.  Tujuan  :
Setelah mengamati lingkungan, membaca artikel-artikel perkembangan dan aplikasi ilmu kimia siswa dapat  memahami dan menyadari hakikat, pentingnya peran ilmu kimia dalam kehidupan, metode ilmiah dan keselamatan kerja.
F.   Penilaian hasil pembelajaran :
1.    Kognitif
No
Nama Unsur
Penjelasan
isotop
isobar
isoton
1
1H1 dan 1H2




2
_{8}^{16}\textrm{O}, _{8}^{17}\textrm{O},_{8}^{18}\textrm{O}




3
_{14}^{6}\textrm{C}  _{14}^{7}\textrm{N}




4
_{24}^{11}\textrm{Na}  _{24}^{12}\textrm{Mg}




5




6




Diberikan LKS yang berisi latihan mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan isotop, isobar dan isoton dan menjelaskannya. Siswa dapat dikatakan berhasil apabila mencapai  SKL 70. Dikerjakan dengan memberikan tanda (√) pada kolom.


2.      Afektik
Soal :
1.      Bagaimana cara menentukan nomor atom dan nomor massa?
2.      Bagaimana cara menentukan jumlah elektron, proton, dan netron suatu atom unsur?
3.      Bagaimana cara menentukan isotop, isobar dan isoton?

Diberikan latihan soal individu dan dibuat  rubrik untuk penilaian sikap.
No
Nama Siswa
Point karakter yang dinilai
Percaya diri
Kejujuran
1



2



3



4



5






3.      Psikomotor
Diberikan tugas diskusi kelompok untuk mendiskusikan tentang ikatan kovalen dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
Rubrik penilaian kinerja diskusi kelompok.
No
Aspek yang dinilai
Penilaian Individu
A
B
C
D
1
Penguasaan materi saat menyampaikan di depan kelas.




2
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan peserta diskusi.




3
Keaktifan dalam menyampaikan pendapat akan materi yang disampaikan.

























No
Aspek yang dinilai
Penilaian Kelompok
A
B
C
D
1
Keluasan dan ketepatan materi yang disampaikan




2
Keterampailan dalam menyampaikan presentasi.




3
Kekompakkan dan keseriusan kelompok dalam menyampaikan materi.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar