Laman

Minggu, 10 November 2013

Esai



Topik :
Kemajuan teknologi di dunia pendidikan adalah suatu perkembangan yang tidak bisa dihindari. Sebagian orang menyatakan bahwa keberhasilan siswa (seseorang) dalam pendidikan disebabkan oleh kemajuan teknologi seperti komputer sejauh apa anda setuju dengan pernyataan tersebut?
Berikan alasan-alasan dan contoh-contoh yang relevan boleh dari pengalaman pribadi)

Esai
Pada jaman sekarang, kemajuan teknologi di dunia pendidikan adalah suatu perkembangan yang tidak bisa dihindari. Sebagian orang menyatakan bahwa keberhasilan siswa dalam pendidikan disebabkan oleh kemajuan teknologi.
Saya setuju dengan pernyataan diatas yang menyatakan bahwa keberhasilan siswa dalam pendidikan disebabkan oleh kemajuan teknologi seperti komputer, karena dalam proses belajar saat ini siswa diharuskan dapat menggunakan komputer untuk mengerjakan berbagai macam tugas minimal siswa dapat  menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Exel. Menurut saya kemajuan teknologi ini tak hanya digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas siswa, tetapi juga sebagai sumber data dan informasi , sebagai sarana pertukaran data dan informasi, dan sebagai sarana belajar yang mengasyikan. Alasan saya mengatakan bahwa teknologi komputer dapat membuat siswa berhasil dalam pendidikan antara lain sebagai berikut.
Teknologi dapat digunakan sebagai sumber data dan informasi. Menggunakan teknologi komputer tak lengkap jika tidak terhubung dengan akses internet .Dengan menggunakan komputer yang dihubungkan dengan akses internet dapat membuat siswa mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan. Misalnya saja, saat siswa tidak dapat hadir dalam proses belajar di sekolah dikarenakan siswa tersebut sedang sakit, dengan adanya teknologi komputer ini siswa dapat mengejar ketinggalan pelajarannya dengan mencari data-data yang berkaitan dengan materi yang dipelajari pada saat ia tidak masuk sekolah. Sehingga pada saat pertemuan berikutnya siswa dapat menyesuaikan ketertinggalannya dengan siswa lain. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan sendirinya  membuatnya menjadi lebih mandiri.
            Teknologi juga dapat digunakan sebagai sarana pertukaran data dan informasi. Seperti penjelasan sebelumnya teknologi komputer ini sangat berkaitan erat dengan akses internet.  Di dalam akses internet inilah terdapat banyak sekali forum-forum diskusi yang dapat kita gunakan untuk bertukar informasi. Beberapa akses yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi yakni seperti
www.kaskus.co.id/ dan id.answers.yahoo.com/. Dengan adanya forum-forum tersebut dapat memudahkan kita untuk  bertukar data dan informasi dengan berbagai orang yang ikut bergabung dalam forum tersebut. Dalam forum tersebut anak-anak dapat lebih aktif dalam ber interaksi antar sesamanya sehingga dapat saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan informasi yang membuat anak tidak ketinggalan informasi-informasi terkini terkait dengan dunia luar, anak tidak perlu berinteraksi langsung atau berkunjung kesuatu tempat secara langsung untuk memperoleh informasi tentang sesuatu yang ingin diketahuinya akan tetapi ia dapat bertukar informasi dengan orang yang bergabung dalam forum tersebut.
            Selain kegunaan-kegunaan  teknologi yang telah saya jelaskan sebelumnya,  teknologi komputer juga dapat berguna sebagai sarana belajar yang mengasyikan. Banyak anak-anak yang memanfaatkan teknologi komputer ini sebagai sarana belajar yang membuat belajar menjadi menyenangkan contohnya saja, mengerjakan tugas di komputer dan hasil dari tugas tersebut dapat di upload ke jejaring sosial seperti blog, facebook dan twitter. Dengan demikian, anak dapat mempublikasikan kepada orang lain sehingga orang lain dapat berkomentar, memberikan kritikan dan saran agar anak tersebut menjadi lebih baik lagi kedepannya. Tak hanya itu anak-anak juga bisa mengupload dalam bentuk video dokumentasi ke situs youtube.com. Dengan teknologi komputer inilah  anak dapat membuat video dokumentasi belajar agar dapat lebih mudah memahami pelajaran yang membutuhkan pemahaman tingkat  tinggi . Jika  hasil karya atau tugas anak tersebut sangat baik maka akan banyak orang yang memuji karyanya sehingga anak akan semakin ingin membuat karya-karya lain yang lebih baik dari sebelumnya  yang semula hanya berawal dari mengerjakan tugas dengan menyenangkan.
            Jadi, dari berbagai macam alasan serta contoh yang telah saya kemukaan diatas maka dapat disimpulkan bahwa teknologi komputer  sangat berpengaruh dalam keberhasilan siswa dalam dunia pendidikan. Teknolagi komputer ini dapat berfungsi sebagai sumber data dan informasi, sebagai sarana pertukaran data dan informasi, dan sebagai sarana belajar yang mengasyikan. Dengan berbagai alasan tersebut, saya setuju dengan topik yang diberikan karena alasan-alasan tersebut sangat relevan dengan kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan yang membuat keberhasilan seorang anak dapat tercapai.

           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar