RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(KHUSUS COVID 19)
Nama Sekolah |
: |
SMK Kesehatan Bina Dharma Pontianak |
Mata Pelajaran |
: |
Kimia |
Keahlian |
: |
1. Asisten Keperawatan |
|
|
2. Farmasi Klinis dan Komunitas |
Kelas/Semester |
: |
X / Ganjil |
Tahun Ajaran |
: |
2020 / 2021 |
Alokasi Waktu |
: |
6 JP @20 Menit |
A. Kompetensi Dasar
3. Pengetahuan |
: |
3.1 |
Menganalisis materi (perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran) serta perubahannya |
IPK |
: |
3.1.1 |
Menjelaskan pengelompokkan materi |
|
3.1.2 |
Membedakan unsur, campuran, dan senyawa |
|
|
3.1.3 |
Mengidentifikasi ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia |
|
|
3.1.4 |
Menyebutkan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia |
|
4. Keterampilan |
: |
4.1 |
Membedakan klasifikasi materi dan perubahannya |
IPK |
|
4.1.1
4.1.2
4.1.3 |
Membuat artikel ilmiah populer yang berkaitan dengan konsep perubahan materi Membuat analisis contoh masalah kehidupan yang dapat dipecahkan dengan konsep perubahan materi dalam bentuk laporan tertulis Mempresentasikan analisis contoh masalah kehidupan yang dapat dipecahkan dengan konsep perubahan materi |
B. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan materi unsur senyawa dan campuran, menggunakan model pembelajaran langsung dipadukan dengan metode Diskusi, Tanya jawab, Post-test dan penugasan melalui pendekatan saintific siswa dapat menjelaskan definisi materi unsur senyawa dan campuran, mengklasifikasikan sifat fisika dan kimia, mendeskripsikan ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia, menjelaskan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
C. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru megucap salam dan memberikan link untuk memulai pelajaran daring
b. Guru mengecek yang yang sudah masuk ke link dan memulai pelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati
ü Guru meminta siswa untuk melihat yang di share screen zoom
ü Guru meminta siswa untuk mengakses materi di googleclassroom
b. Bertanya
ü Berbagai macam jenis materi yang ada di lingkungan sekitar kita?
ü Bagaimana membedakan usnsur, senyawa dan campuran?
ü Bagaimana mebedakan perubahan fisika dan perubahan kimia?
ü Apa contoh perubah fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari?
c. Mengumpulkan informasi :
ü Mengakses materi pengertian dari unsur, senyawa dan campuran di googleclassroom
d. Mengasosiasikan
ü Mendiskusikan berbagai perbedaan unsur senyawa dan campuran.
ü Mendiskusikan berbagai ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia.
e. Mengkomunikasikan
ü Mempresentasikan secara lisan tentang pengertian dari materi.
ü Mempresentasikan perbedaan unsur senyawa dan campuran.
ü Mempresentasikan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia
3. Penutup
a. Guru menayakan apa yang tidak di pahami dari materi di pembelajaran jarak jauh
b. Guru memberikaninformasi tentang metode pembelajaran jarak jauh untuk pertemuan berikutnya
c. Guru mengucapkan salam
D. Media dan Sumber belajar
1. Media : Laptop, HP, Power point, Video Tutorial, WA,
2. Sumber belajar : Modul, Intenet, googleclasroom
E. Materi Pokok
1. Materi
2. Unsur
3. Senyawa
4. Campuran
F. Penilaian
1. Sikap |
: |
Sikap Selama PJJ dilihat dari ketepatan waktu, menggunkan seragam sekolah dan absensi kehadiran |
2. Pengetahuan |
: |
Tes online berupa Pilihan ganda, Uraian dan Hasil belajar Kelompok |
3. Keterampilan |
: |
Keterampilan dinilai dari ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas dan kerapihan penulisan tugas yang diberikan |
|
Pontianak, 10 Desember 2020 |
Mengetahui, Kepala Sekolah SMK Kesehatan Bina Dharma Pontianak |
Guru Mata Pelajaran |
Uly Sri Rezeki, S.Tr, Keb |
Sri Murniati, S.Pd |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar